Makanan Etnis Belanda

MAKANAN etnis Belanda didasarkan pada hasil tangkapan nelayan tradisional dan pertanian. Secara umum, negara ini terkenal di dunia berkat keju dan cokelatnya.

Meskipun masakan Belanda tidak beragam, Negeri Kincir Angin ini memiliki hidangan yang sehat dengan porsi sayuran dan makanan laut lebih besar daripada daging. Hidangan penutup di Belanda juga populer, yang memiliki rasa manis dan pedas.

Berikut beberapa jenis makanan Belanda yang kerap disantap untuk menambah pengetahuan Anda, seperti diulas Ehow:

Tradisional 
Menu tradisional Belanda menitikberatkan pada sayuran, meliputi kentang, kacang-kacangan, kangkung, bit, wortel, serta beragam jenis sayuran akar, seperti kembang kol, bayam, asparagus, dan endive Belgia. Digunakan pula makanan laut, seperti tuna, sarden, mackerel, salmon, dan ikan trout, dan jenis lainnya seperti belut, kerang, tiram, dan udang.

Populer
Selain makanan tradisional, Belanda juga memiliki makanan paling digemari, yaitu keju. Ragam kejunya banyak, seperti edam, gouda, dan leiden. Di Belanda pun terdapat roti tradisional yang di dalamnya berisi biji bunga matahari atau biji labu. Pemakaian kismis dan buah-buahan kering identik dengan makanannya. Bahkan, kopi yang disebut “koffietijd” di Belanda dinikmati dengan biskuit dan kue.

Makanan pembuka
Makanan pembuka di Belanda berupa kentang tumbuk dengan sayuran. Adapula sup kental, dimana di dalamnya terdapat kacang dengan sayuran dan daging. Kubis merah dibumbui dan dimasak dengan apel juga sangat populer, terkadang termasuk bawang atau sosis dan berbagai bumbu, seperti cuka, cengkeh, dan daun salam kerap dipakai. Hidangan disertai acar atau buah pir yang sudah direbus. Hidangan Belanda yang populer adalah sosis asap yang direbus atau dimasak dengan cara lambat, bersama kentang, bawang, dan wortel.

Ada juga versi tradisionalnya, termasuk wortel dan sayuran akar lainnya. Endive ditumbuk dengan kentang dan disajikan dengan daging. Kentang pun sering dikombinasikan dengan apel hijau atau kale keriting. Salah satu hidangan tradisional Belanda tertua adalah boerenkool. Makanan ini sudah ada sejak 1600-an, yang menggabungkan kubis, sosis, dan kentang. Selain itu, terdapat snert, yakni sup kacang tradisional Belanda, di dalamnya biasanya diberi sosis babi. Karena memiliki julukan erwtensoep, sup ini selalu disajikan saat musim dingin.

Pancakes
Pancake di Belanda disebut pannenkoeken, yakni makanan tradisional yang disantap dengan kue broeder. Ini biasanya dinikmati saat malam hari.

Makanan internasional yang dikenal di Amsterdam, Belanda, adalah risjtaffel, yang berarti “meja nasi”. Makanan ini merupakan tradisi Indonesia yang diadopsi oleh Belanda ketika penjajah membawanya kembali dari Indonesia ke Belanda. Memiliki porsi yang sangat kecil sehingga banyak terdapat pada masakan Indonesia, seperti kari, nasi kunyit, dan porsi kecil pada daging pedas yang disajikan dan dimakan selama beberapa jam. (ftr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s